1/12/2014

Kapankah Islam Bangkit?

ippm-baiturrohim.blogspot.com~Islam adalah salah satu agama terbesar di muka bumi yang menduduki peringkat ke-dua setelah agama Nasrani. Akan tetapi dengan jumlah sekitar 1,6 Milyar (2012) ini umat Islam di berbagai negara mengalami banyak keterpurukan. Penjajahan Palestina, peperangan di Iraq, perang di Suriah dan koflik Internal seperti di Mesir dan Libya sedang ramai menghiasi berita Islam saat ini. Selain negara timur tengan di Negara Indonesia yang notabenya memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia Umat Islamya juga mengalami berbagai problematika seperti korupsi, narkoba, dekadensi moral, perpecahan ummat dan yang menyedihkan tentu jauhnya ummat dari ajaran dan syariat Islam. Keadaan semacam ini tentu berkebalikan dengan keadaan umat Islam 1 abad silam. Saat itu Islam berjaya di segala aspek kehidupan dan saat itu pula Islam menjadi kiblat peradaban dunia.

Kemudian muncul pertanyaan sampai kapan ini terjadi? Apakah Islam akan bangkit? Kapankah Islam akan bangkit? Beberapa pertanyaan di atas itu mungkin juga muncul di benak sobat muda. Atas dasar itulah saya menulis artikel kapankah Islam Bangkit?

Muslim muda ada hal menarik bahwa jawaban pertanyaan di atas justru di muncul oleh lembaga bukan dari Islam. Demented Vision , Lembaga Observasi Amerika yang mencatat pada tahun 1900 jumlah penduduk Kristen adalah 26,9% sementara Islam hanya 12,4% dari seluruh penduduk dunia. Delapan puluh tahun kemudian (1980) angka itu berubah. Penganut Kristen bertambah 3,1% menjadi 30% dan Muslim bertambah 4,1% menjadi 16,5% dari seluruh penduduk bumi. Pada milenium kedua (2000), terjadi perubahan yang menarik. Kristen menurun 0,1% menjadi 29,9% dan Muslim naik 2,7% menjadi 19,2%. Pada tahun 2025, angka itu diproyeksikan berubah menjadi 25% (turun 4,9%) dan Muslim menjadi 30% (naik pesat 10,8%) naik 2,9 per tahun. Pertumbuhan ini lebih cepat dibandingkan pertumbuhan jumlah penduduk bumi yang hanya 2,3% per tahun. Bila pertambahan itu konstan maka akan diprediksikan Islam menjadi agama nomor satu terbanyak di muka bumi. Word Almanac and Book of Fact #1 New York Time Bestselller, mencatat jumlah umat Islam tahun 2004 adalah 1,2 Milyar lebih (1.226.403.000), tahun 2007 sudah mencapai 1,5 Milyar (1.522.813.123), ini berarti kaum Muslim mengalami penambahan sekitar 300 Juta orang (sama dengan jumlah umat Islam di kawasan Asia Tenggara).

Mungkin sobat muda berkata itu kan hanya ramalan. Sobat memang benar itu ramalan tetapi ramalan itu berdasarkan pendekatan fakta sobat muda silahkan sobat ketik di google tentang pertumbuhan umat Islam di Eropa dan Amerika sungguh luar biasa sebagai contoh silahkan sobat baca artikel Ada 4 Ribu Orang Masuk Islam di Amerika. Belum lagi di Eropa Tiap Hari Jum’at Ada Orang Bersyahadat. Bahkan Harian terkemuka di Inggris menyebut fenomena ini sebagai Makkah baru. "Makkah berada di tengah kota London", demikian judul laporan The Daily Mail, 6 Feb 2012 "The Mecca of the city: In a London street, the faithful find a way to pray as their mosque overflows" Judul yang menggambarkan betapa pesatnya perkembangan umat Islam di Inggris.



Sobat muda itu tadi adalah prediksi dari berbagai pihak. Lalu bagaimana Islam sendiri melihat fenomena ini?
“Di tengah-tengah kalian terdapat zaman kenabian, atas izin Allah ia tetap ada. Lalu Dia akan mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian akan ada Khilafah yang mengikuti manhaj kenabian. Ia ada dan atas izin Allah ia akan tetap ada. Lalu Dia akan mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian akan ada kekuasaan (kerajaan) yang zalim; ia juga ada dan atas izin Allah ia akan tetap ada. Lalu Dia akan mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya. Kemudian akan ada kekuasaan (kerajaan) diktator yang menyengsarakan; ia juga ada dan atas izin Alah akan tetap ada. Selanjutnya akan ada kembali Khilafah yang mengikuti manhaj kenabian.” Beliau kemudian diam. (HR Ahmad dan al-Bazar).

Dari hadis ini jelas bahwa di akhir zaman Islam akan kembali bangkit, syariat Islam akan berlaku dan Khilafah akan kembali tegak. Maka jika kita sinkronkan prediksi di atas dengan hadist nabi ini kita bisa menyimpulkan sangat mungkin sekali. Sangat boleh jadi Islam akan bangkit dan khilafah tegak sekitar tahun 2020-2025. Karena banyak hadist yang menggambarkan bahwa umat Islam sekarang berada di akhir zaman dan sedang menjalani fase menuju kebangkitan Islam. Akan tetapi sekiranya prediksi itu meleset, kita tetap harus yakin dengan nubuah nabi (prediksi nabi) Muhammad Solallohu Alaihi Wasalam bahwa di akhir zaman Islam akan memimpin dunia.

Maka sebagai generasi muda Islam selayaknya kita untuk mempersiapkan diri menyongsong kebangkitan ini, jikalau kita tidak mengalaminya, maka semangat ini kita turunkan kepada anak keturunan kita. Wallohualam bi sowab.

2 comments:

  1. assalamualaikum ikhwan..
    sedikit saja yang ingin ane katakan..
    dalam sejarah islam pada masa nabi, kota madinah yang mempunyai penduduk majemuk(berbeda agama dan suku) bisa hidup berdampingan.. hanya menyarankan kepada ikhwan, agar bisa membaca piagam madinah..
    thank..

    ReplyDelete
  2. Memang benar, terus maksudnya gmn mas?

    ReplyDelete

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar