Header Ads

test

3 Cara Memperbaiki Konsep Diri Negatif

Salam semangat sobat !!! Jika di artikel 3 Penyebab Minder saya membahas faktor-faktor yang membangun konsep diri negatif. Konsep diri yang negatif terbentuk karena pengaruh lingkungan seperti pengalaman, perkataan orang lain ataupun informasi-informasi negatif. Maka di artikel ini saya akan menyampaikan 3 Cara Memperbaiki Konsep Diri Negatif. Terus bagaimana caranya? Mari simak terus artikel di bawah ini. Cara memperbaiki konsep negatif :

1. Singkirkan Pikiran Negatif
Ketika dalam fikiran kita terlintas bahwa kita ini orang yang tidak mampu, bodoh, rendah dari perasaan negatif lainnya, segeralah bayangkan perasaan negatif itu sebuah kertas kemudian remaslah kertas itu dengan kuat (lakukan sungguhan dengan tangan). Kemudian buang kertas itu sejauh-jauhnya atau masukan tempat sampah atau injak-injak. Lakukan setiap persaan negatif ini muncul. Setelah itu gantilah kertas itu dengan tulisan yang positif seperti kuat, mampu, berani, cerdas dan lain sebagainya. Kemudian katakan pada diri sendiri “saya orang yang ....”. Katakan dan masukan perasaan emosi bayangkan kita memang orang yang demikian.

2. Belajar Tuli
Cobalah untuk bisa mendengar, melihat, merasakan hal yang positif dalam hidup. Dengarkan berita yang baik-baik, hindari berita kriminal, kekerasan dan lain-lain. Bacalah hal yang bermanfaat. Bergaul juga dengan orang yang positif seperti yang baik, semangat, optimis, jujur dan lain-lain. Hindari berteman dengan orang yang pesimis, lemah, jahat dan sifat jelek lainya. Ketika ada orang yang berkata jelek kepada kita bersikaplah proporsional (wajar) belajarlah tuli, jangan terlalu di dengarkan pakailah The Laws of Zoom dalam hidup.

3. Berdoalah
Sehebat apapun kita, kita tetaplah makhluk Allah Yang Maha Kuasa. Sekuat apapun kita berusaha jika Allah belum menghendaki ya tidak akan pernah terjadi. Akan tetapi jika Allah sudah berkehedak tidaka ada sesuatupun yang bisa mencegah, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Maka berdoalah agar kita dijadikan manusia yang percaya diri dan memiliki konsep diri yang positif. Mudah-mudahan bermanfaat.(ippm-baiturrohim.blogspot.com)

No comments

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar