Header Ads

test

Perisai-perisai Api Neraka


Sobat Muda tentu sudah mengetahui Dahsyatnya Neraka. Berita tentang Neraka sudah banyak Allah kabarkan lewat kitab Al Quran dan lisan Rosul-Nya. Tujuannya tentu supaya manusia menjadi takut dengan adzab-Nya. Akan tetapi tidak hanya menebar takut, Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga mengkabarkan solusi agar kita terlidung dari panasnya api neraka.

Berikut beberapa amalan yang bisa menjadi Perisai-perisai dari Api Neraka.



1. Mahabbatulloh
Mahabatulloh atau cinta kepada Allah yaitu cinta yang disambut cinta, bukan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Artinya kita mencintai Allah dan Allah juga mencintai kita. Anas bin Malik menceritakan bahwa suatu saat ketika Rosululloh berjalan dengan sahabat, mereka melihat seorang anak yang berlari ke arah ibunya, kemudian ibu itu mengendongnya. Sahabat berkata "Wahai Rosululloh, wanita itu tidak mungkin melemparkan anaknya ke dalam api!" lalu Rosululloh membalas "Begitu juga Allah, tidak akan melemparkan kekasihnya ke dalam api neraka!" (HR. Hakim dan Ahmad). PR kita adalah bagaimana agar kita di cintai Allah dan Rosul-Nya?

2. Puasa
Puasa itu ibadah istimewa yang dengannya akan bisa menjadi perisai dari api neraka. Allah berfirman dalam hadis Qudsi "Puasa adalah perisai. Dengan puasa seorang hamba bisa melindungi diri dari api neraka. Puasa adalah untuk-Ku, dan Aku sendiri yang membalasnya" (HR. Ahmad). Selain itu Rosululloh juga bersabda "Baraangsiapa berpuasa satu hari dijalan Allah, niscaya Allah menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh perjalanan 70 tahun" (HR. Bukhori dan Muslim)

3. Khouf kepada Allah
Perasaan takut kepada Allah akan membimbing seseorang untuk menjauhi dosa dan memperbanyak amal kebajikan. Keadaan ini akan membentenginya dari api neraka. Rosululloh bersabda "Seseorang yang menangis karena takut kepada Allah tidak akan masuk neraka sampai air susu (yang sudah diperah) bisa kembali kedalam teteknya" (HR. Tirmidzi dan Nasai dari Abu Hurairoh)

4. Berdebu Fi Sabilillah
Ketika seseorang berdebu-debu fi sabilillah (di jalan Allah) maka kelak debu-debu itu menjadi perisainya dari api neraka. Rosululloh bersabda "Tidak mungkin dua tapak kaki seorang hamba berdebu di jalan Allah, lalu ia disentuh api neraka" (HR. Bukhori). Di hadist yang lain disebutkan "Barangsiapa yang kedua tapak kakinya berdebu di jalan Allah, niscaya Allah mengharamkannya dari api neraka" (HR. Darimi)

5. Doa Sapu Jagat
Rabbana aatina fidunya khasanah, wafil akhirati khasanataw wa qinaa adza bannar (2:201) artinya Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan periharalah kami dari siksa neraka.
Rosululloh bersabda "Barang siapa meminta syurga kepada Allah sebanyak tiga kali, niscaya syurga berkata Ya Allah masukan dia ke syurga! Dan barangsiapa memohon perlindungan dari api neraka sebanyak tiga kali, niscaya neraka berkata Ya Allah lindungi dia dari api neraka!" (HR. Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, Hibban dan Ahmad)

Demikian beberapa Perisai-perisai Api Neraka. Wallohualam bi sowab.

No comments

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar