Header Ads

test

Sang Bill Gates Muslim

IPPM-Baiturrohim.blogspot.com~Sobat Muda jika kita mendengar Bill Gates, apa yang terlintas di pikiran Sobat semua? Manusia terkaya sejagad dan Microsoft, mungkin dua kata ini yang amat melekat jika kita mendengar namanya. Terus bagaimana dengan Bill Gates Muslim? Menarik sekali. Saya yakin 100% belum banyak orang Islam yang mengenal tokoh ini. Padahal beliau termasuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, penasaran kan? Hehehe mari kita berkenalan dengan tokoh inspiratif ini.

Azim Hasham Premji nama lengkapnya atau lebih dikenal dengan Azim Premji. Beliau lahir di Mumbai, India pada 24 Juli 1945 putra dari Mohamed Hasham Premji dengan Gulbanoo Premji. Beliau pemilik Wipro Corporation perusahaan yang bergerak di bidang jasa,salah satunya penyedia R & D independen terbesar didunia. Wipro merupakan perusahaan besar dengan koorporasi lebih dari 400 multinasional dan 150 diantaranya adalah perusahaan dalam daftar Fortune 1000. Dengan karyawan kurang lebih 61.000 orang di berbagai penjuru di dunia, dengan pendapatan 2,4 Milyar Dolar dan nilai pasar 25 Milyar Dolar (tahun 2007) Masyallah sekarang kemungkinan lebih dari itu.

Salah Satu Gedung Wipro

Dengan perusahaan sebesar itu tidak mengherankan jika Majalah Business Week menempatkan Azim Premji dalam 30 pengusaha terhebat sepanjang masa sejajar dengan Thomas Alfa Edison, Henry Ford, Benjamin Franklin dan Bill Gates. Dengan kepemilikan 10 -15 Milyar Dolar menjadikan Beliau sebagai orang terkaya di India. Didunia menempati urutan ke-21 sedang menurut Forbes 2006 menempati ke-25.

Sobat Muda walaupun Bazim Premji sangat kaya tetapi tidak membuat Beliau sombong. Beliau berbeda dengan orang kaya di India lainnya. Alih-alih memamerkan kekayaanya, Beliau malah mencontohkan hidup sederhana. Beliau biasa menginap di hotel dengan kualitas sedang, naik pesawat kelas ekonomi. Mobil yang Beliau pakai juga bukan mobil mewah, hanya Toyota Corolla yang memang sudah lama dipakainya.Hal yang berkebalikan dengan Bill Gates tentunya.

Tidak hanya rendah hati dan sederhana, Beliau juga orang yang dermawan dan peduli terhadap sesama. Beliau mendirikan Azim Premji Foundation yang banyak bergerak dibidang sosial khususnya pendidikan. Beliau memandang bahwa pendidikan adalah hal yang amat krusial untuk majunya suatu peradaban.

Suatau hari Beliau ditanya apa yang membuatnya bisa mencapai keberhasilan sehebat ini Beliau menjawab “Saya tidak tahu resepnya. Berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, saya akan mengatakan bahwa kuncinya adalah kerja keras, menuruti kata hati, memepercayai orang-orang disekitar kita dan meminta bantuan, mengambil resiko, teguh dalam integritas, dan tentu saja keberuntungan".
Semoga kita bisa mengambil pelajaran. Wallohualam.

Daftar pustaka:
Priyatna, Haris.2008.Azim Premji.Bandung:Mizania.

No comments

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar