Header Ads

test

Suriah Negeri Akhir Zaman

Suriah salah satu negara di kawasan Jazirah Arab yang dalam lima tahun ini menyita perhatian Dunia. Suriah  yang dulunya tidak banyak yang kenal, sekarang nama negara ini setenar negera tentangganya Palestina. Konflik berkepanjangan yang menewaskan puluhan ribu orang. Apa penyebab perang suriah? tidak lain adalah masalah keyakinan masalah aqidah.


Sobat muda rahimahumulloh, namun ada hal yang menarik ketika membicarakan konflik Suriah di banding dengan konflik di negeri Muslim lainnya. Apa yang membedakan negeri Suriah dengan Irak, Rohingnya di Myanmar, Chesnya di Rusia, Moro di Filiphina, Khasmir di India dan negeri lainya? Yang membedakan bahwa Konflik Suriah pernah diungkapkan lewat lisan baginda Nabi Muhammad Solallohu Alaihi Wasalam. Ya Nubuwah Nabi Muhammad Solallohu Alaihi Wasalam itu yang menjadikan Konflik Suriah menarik untuk dikaji. Rosululloh menyebuh Syam menjadi kota penting di akhir zaman. Dan negeri Syam sekarang terpecah menjadi negara Suraih, Palestina, Lebanon dan Yordania.

Kelak di akhir zaman akan ada perang besar antara kaum Muslim dengan kaum kafir perang besar yang disebut Malhamah Kubro atau orang barat menyebutnya dengan Armagedon. Perang ini menjadi penanda awal dari rangkaian peristiwa besar akhir zaman.

Ghautah Menjadi Pusat Pertahanan

Rasulullah bersabda, “Perkemahan kaum Muslimin pada saat terjadinya malhamah (perang besar) adalah Gauthah, disamping Damaskus. (Riwayat Ibnu Majah, Al Hakim dan Ibnu Asakir).

Realitas sekarang ini menjadi bukti awal kebenaran nubuwat Rasulullah ini. Ghautah  dibagi menjadi dua distrik (kabupaten): distrik Ghautah Timur dan distrik Ghautah Barat. Selama  revolusi rakyat Suriah, Ghautah Timur menjadi salah satu kekuatan mujahidin. Rakyat Muslim di distrik ini sangat mendudung mujahidin, meski puluhan ribu di antara mereka sudah dibantai rezim Suriah.

Nabi Isa Turun di Damaskus

Salah satu tanda-tanda kiamat, turunnya Nabi Isa menjelang akhir zaman. Berdasarkan Hadits shahih Muslim, Isa turun di menara putih sebelah timur Damaskus. Isa mengenakan dua pakaian yang dicelup dengan waras dan za’faran. Kedua telapak tangannya diletakkan di sayap dua malaikat. Bila ia menundukkan kepala maka menurunlah rambutnya. Dan jika diangkatnya kelihatan landai seperti mutiara. Tidak ada orang kafir yang mencium nafasnya kecuali pasti mati. Padahal nafasnya itu sejauh mata memandang.  Isa kemudian mencari Dajjal hingga menjumpainya di pintu Lud, lantas dibunuhnya. Isa lalu datang kepada suatu kaum yang telah dilindungi Allah dari Dajjal. Isa mengusap wajah mereka dan memberi tahu derajat mereka di surga.

Ibnu Katsir menjelaskan Hadits ini, “Berdasarkan beberapa kitab yang saya baca,  beliau turun di menara putih sebelah timur Masjid Jami’ Damaskus.”

Di Damaskus, lanjut Ibnu Katsir, tidak ada menara di bagian timur selain di sebelah Masjid Jami’ Damaskus. Kita ketahui bersama bahwa Damaskus adalah ibu kota Suriah.

Selanjutnya beberapa hadist yang menerangkan  negeri Syam di akhir zaman.

Pasukan Akhir Zaman
Rosulullah bersabda: “Pada akhirnya umat Islam akan menjadi pasukan perang: satu pasukan di Syam, satu pasukan di Yaman, dan satu pasukan lagi di Iraq. Ibnu Hawalah bertanya: Wahai Rasulullah, pilihkan untukku jika aku mengalaminya. Nabi saw berkata: Hendaklah kalian memilih Syam, karena ia adalah negeri pilihan Allah, yang Allah kumpulkan di sana hamba-hamba pilihan-Nya, jika tak bisa hendaklah kalian memilih Yaman dan berilah minum (hewan kalian) dari kolam-kolam (di lembahnya), karena Allah menjamin untukku negeri Syam dan penduduknya.”(HR. Imam Ahmad)

Selain itu Rosulullah bersabda, “Sebelum terjadi kiamat akan keluar api dari Hadhramaut atau dari laut Hadhramaut yang mengumpulkan manusia. Kami bertanya, “Apa yang engkau perintahkan kepada kami, wahai Rasulullah? Beliau menjawab, hendaklah kalian berada di Syam.”

Dari beberapa urian di atas jelaslah bahwa Suriah akan menjadi negeri penting di akhir zaman.
Wallohu'alam.



Daftar Pustaka:
https://waktuku.com/korban-perang-suriah-terkini/
http://www.hidayatullah.com/kolom/akhir-zaman/read/2015/06/04/71114/kemenangan-di-suriah-dajjal-dan-turunnya-nabi-isa.html

No comments

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar