Header Ads

test

4 Kunci Gerbang Syurga Wanita

ippm-baiturrohim.blogspot.com~Sobat Muda siapa yang tidak ingin mauk Syurga? Tentu dalam hati setiap manusia mengingankanya, bahkan sekalipun orang atheis. Jiwa mana yang tidak tertarik dengan tempat yang indah seperti Syurga. Untuk mengetahui sedikit gambaran tentang syurga silahkan baca artikel Nikmat Syurga. Tentu ini belum bisa menggambarkan kenikmatan yang sebenarnya karena kenikmatan Syurga tidak pernah dilihat, didengar dan dirasakan manusia ketika di dunia. Subhanalloh.

Sobat Muda berbicara tentang wanita memang memang banyak hal yang dikhususkan bagi makhluk halus ini hehehe. Begitupun dalam Islam wanita juga mendapatkan perlakuan khusus, termasuk dalam hal membuka pintu gerbang Syurga. Gerbang syurga yang menjadi idaman bagi setiap manusia dibukakan bagi wanita yang melakukan 4 perbuatan sebagaimana yang di sabdakan Nabi Muhammad Solallohu Alaihi Wasalam :

Dari Abdurrahman bin Auf berkata, Rasulullah saw bersabda,


إِذَا صَلَّتِ المَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَصَنَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الجَنَّةِ شَاءَتْ .

“Jika seorang wanita menjaga shalat lima waktu, berpuasa pada bulannya, menjaga kehormatannya dan menaati suaminya, niscaya dia masuk surga dari pintu mana saja yang dia inginkan.”(HR. Ahmad nomor 1661, hadits hasan lighairihi)

Ada hal menarik yang dikabarkan Nabi Solallohu Alaihi Wasalam terkait dengan amalam yang dikerjakan wanita yang bisa membuatnya masuk Syurga. Amalan tersebut adalah amalan yang bisa dilakukan wanita tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain. Artinya wanita itu memiliki hak penuh atas Gerbang Syurga sesuai dengan tindakannya.

1. Sholat Lima Waktu
Sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi seorang Muslim dan merupakan ibadah teragung setelah dua kalimat syhadat.

“Pokok segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah Sholat, sedanglan puncaknya adalah Jihad fi Sabilillah” (HR.at-Tirmidzi). Shalat juga menjadi pembeda antara kaum Muslimin dan kaum kafir.

Allah juga memberikan peringatan yang keras untuk orang yang lalai dalam menjalankannya. Sebagaimana dalam Firman-Nya :

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, Maka mereka kelak akan menemui kesesatan” (QS. Maryam : 59). Ibnu Katsir menafsirkan maksud dari melalaikan adalah meninggalkan secara mutlak atau mengakhirkan mengerjakannya.

Maka dengan menjalankan Shalat wajib lima waktu kaum wanita sudah memiliki satu kunci untuk membuka pintu gerbang Syurga.

2. Puasa Romadhon
Kunci gerbang syurga selanjutnya adalah dengan menjalankan Puasa Romadhon. Imbalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat agung terhadap manusia yang menjalankan puasa sebagaimana dalam hadist yang sangat masyur bahwa Rosululloh Alaihi Wa Salam bersabda :

‘’Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu 'Ar-Rayan' yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut) 'di manakah orang-orang yang berpuasa?' Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya.’’ (HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa'd.)

Dari hadis tersebut jelas sudah pahala bagi orang yang menjalankan puasa, tak terkecuali bagi kaum Muslimah.

3. Menjaga Kehormatan
Sobat muda jikalau berbicara kunci pertama dan kedua gerbang Syurga, sebenarnya bukan suatu perkara yang sulit karena memang keduanya merupakan kewajiban sebagai seorang Muslim. Nah, yang menarik justru pada kunci yang ke tiga yaitu menjaga kehormatan. Kehormatan wanita merupakan hal yang tidak mudah dijaga di era sekarang terlebih bagi Muslimah muda. Lihat saja sekarang begitu mudahnya wanita Muslimah memamerkan auratnya padahal jelas sekali Allah berfirman :

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah utk dikenal, karena itu mereka tak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Tidak hanya aurat yang diumbar sebegitu murah, bahkan mahkota yang paling berharga dari wanita juga mudah ditanggalkan hanya dengan sekedar ikatan “Pacaran” Naudzubillah. Betapa murahnya nilai kehormatan wanita di saat sekarang. Padahal Allah Subhanahu Wa Ta’la sangat melarang keras perbuatan zina. Jangankan berzina mendekati saja tidak boleh.

“Dan janganlah kamu mendekati zina, Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk” (QS. Al-Isra :32)

Maka pantaslah Allah mengganjar dengan Syurga bagi wanita yang bisa menjaga kehormatan dirinya.

4. Mentaati Suami
Sobat muda pasti tahu siapa penghuni terbanyak dari neraka? Jawabnya adalah wanita. Banyak statment yang menyatakan bahwa hal ini disebabkan karena jumlah wanita memang lebih banyak maka sudah pasti penghuninya juga banyak. Akan tetapi ada juga yang menyampaikan bahwa penyebab wanita banyak masuk neraka karena wanita kurang bersyukur kepada suaminya. Wallohu’alam bi sowab.

Akan tetapi cukuplah hadist ini menjelaskan betapa sentralnya kedudukan suami bagi kaum wanita.

“Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain, tentu aku akan menyuruh seorang istri untuk sujud kepada suaminya.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Akan tetapi tidak hanya tidak hanya wanita yang diminta untuk mentaati suami, tetapi laki-laki juga diperintahkan oleh Allah untuk berbuat baik kepada Istrinya.

“Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari Akhir, janganlah ia mengganggu tetangganya, dan berbuat baiklah kepada wanita. Sebab, mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau meluruskannya. Maka engkau mematahkannya dan jika engkau biarkan, maka akan tetap bengkok. Oleh karena itu, berbuatlah baik kepada wanita.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Subhanalloh betapa Agungnya ajaran Islam yang mengajarkan adanya hubungan saling mengasihi antara suami dan istri.

Sobat muda ada yang perlu digaris bawahi di gigi kunci gerbang ini, yaitu tidak ada ketaatan kepada suami jika dalam perkara maksiat kepada Allah ” Tidak ada ketaatan dalam hal berbuat
maksiat akan tetapi ketaatan adalah pada hal-hal yang baik.” (HR. Al-Bukhari, Muslim dan Abu Daud).

Terakhir sobat muda, Islam adalah agama yang memuliakan wanita dengan banyak keistimewaan-keistimewaannya. Termasuk dalam hal meraih Syurga, hadist di atas tentu tidak berarti mutlak, artinya dengan syarat selama Wanita tersebut tidak melanggar yang mengeluarkanya dari syariat Islam seperti melakukan dosa syirik dan maksiat besar lainnya.

Wallohu’alam bi Sowab.

3 comments:

  1. Sebuah Pencerahan,,, Renungan buat kita semua...

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum bpk guru, sae snget bilih mboten wonten musike blog ipun...

    ReplyDelete
  3. Mas Riyan : Mudah2 bermanfaat...Anonim : Nggih matur nuwun...

    ReplyDelete

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar