Header Ads

test

7 Kiat Mengendalikan Waktu

ippm-baiturrohim.blogspot.com - Sobat muda yang penuh semangat. Sobat muda pernah mengalami kejenuhan? Merasa hidup begini-begini saja, tidak ada perubahan, stagnan. Jikalau Sobat Muda mengalami hal demikian itu pertanda baik, artinya Sobat muda ingin melakukan suatu perubahan. Hanya saja yang perlu diperhatikan, pastikan bahwa perubahan yang kita inginkan adalah perubahan ke arah yang lebih baik. Bukankah kita ingin menjadi orang yang beruntung, yaitu orang yang waktunya saat ini selalu lebih baik dari masa lalunya.

Sobat muda ada cara dahsyat agar kita bisa merubah diri kita, yaitu dengan cara mengendalikan waktu. Karena perbedaan orang yang berhasil dan orang yang gagal terletak pada pemanfaatan terhadap waktu. Maka pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi kiat bagaimana cara agar kita bisa mengendalikan waktu, sehingga waktu yang menjadi budak kita bukan kita yang menjadi budak waktu.

1. Rencanakan harimu

Ada pepatah mengatakan jika kita gagal merencanakan berarti kita bersiap merencanakan kegagalan. Sebuah gambaran betapa pentingnya sebuah perencanaan. Sebelum kita beraktifitas rencanakan aktifitas harimu. Mulailah merencanakan dari rencana tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Pastikan tiap pagi kita sudah merencanakan kegiatan kita, akan lebih baik lagi hal ini dilakukan pada malam harinya.

2. Catat catat dan catat

Kemampuan otak kita itu terbatas, apalagi ditambah banyak hal yang difikirkan dan berbagai kesibukan membuat kita mudah melupakan sesuatu. Termasuk juga berkaitan dengan perencanaan.Sangat disayangkan jika rencana yang sudah kita rancang, tidak kita laksanakan hanya karena kelupaan. Tulislah setiap rencana di sebuah buku kecil agar mudah di bawa. Setiap kita menyelesaikan suatu pekerjaan lihatlah rencana harian kita. Maka catat, catat dan catat rencana kita.

3. Tentukan skala prioritas

Dalam sehari kita pasti dihadapkan pada banyaaknya kegiatan yang mesti kita selesaikan. Untuk itu ketika kita sudah mencatat rencana kita segeralah menentukan skala prioritas kegiatan kita. Misalkan dengan membubuhkan kode A1, A2 dan A3 untuk prioritas utama kita. Kode B untuk prioritas kedua dan kode C untuk prioritas dibawahnya dan begitu seterusnya.

4. Atur dan batasi

Saat menggunakan uang, secara alami kita akan berhati-hati dan penuh perhitungan dalam memaksimalkan penggunaannya. Begitu pula seharusnya kita menempatkan waktu. Bukankah waktu jauh lebih berharga daripada uang? Uang yang hilang bisa dicari tetapi waktu yang hilang tidak akan pernah kembali.
Hampir semua tugas yang kita kerjakan berpeluang besar menyita sejumlah perhatian yang tak terbatas. Inilah sebabnya, mengapa sangat penting mengatur batas waktu untuk setiap aktivitas kita.

5. Gabungkan pekerjaan sejenis
Sekali melangkah satu dua pulau terlampaui begitu pepatah berkata. Atau di pepatah yang lain mengatakan sambil menyelam minum air. Dua pepatah di atas menggambarkan bahwa pentingnya bagi kita untuk mengefektifkan waktu. Jika dua pekerjaan bisa dikerjakan sekaligus kenapa tidak kita laksanakan sekalian. Maka penting bagi kita sebelum melakukan kegiatan, kita meneliti dan mengamati ada atau tidak pekerjaan sejenis yang bisa dikerjakan sekalian.

6. Fokus dan disiplin
Ketika seorang penembak gagal melesatkan pelurunya bisa jadi dikarenakan karena sang penembak tidak fokus kepada sasaran. Sama halnya ketika menargetkan sesuatu kita perlu yang namanya fokus dan disiplin. Kegagalan kita mencapai sasaran terkadang dikarenakan sikap tidak fokus dan disiplin dalam menjalankan. Misal kita melakukan hal diluar perencanaan seperti kegiatan menonton TV, FB/Twitteran atau tiduran sampai berjam-jam. Perbuatan ini yang sering menghambat tercapainya target perencanaan kita.

7. Evaluasi
Evaluasi atau menelaah kembali suatu kejadian yang telah berlalu, menimbang baik buruknya, melihat kelebihan dan kekurangannya. Setelah proses itu, tahapan berikutnya adalah follow up atau tindak lajut. Ketika hal yang baik ditemukan perlu dipertahankan, syukur ditingkatkan, sedangkan hal yang buruk perlu diperbaiki minimal dikurangi.

Begitulah sobat muda, beberapa kiat agar kita bisa mengendalikan waktu. Mudah-mudahan bermanfaat silahkan baca juga artikel-artikel menarik tentang pengembangan diri. Wallohualam bisowwab.

No comments

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar