Header Ads

test

Kata Hatiku

Salam semangat Sobat! Apapun yang terjadi semangat hidup terus membara karena itulah nyawa kita yang sebenarnya. Ada kata-kata bijak yang mengatakan bahwa kita adalah seperti apa yang kita katakan. Artinya jika kita ingin mengetahui karakter dan kepribadian seseorang lihat saja apa yang keluar dari mulutnya. Istilah seorang ulama teko mengeluarkan isi teko, di dalam teh keluar teh, didalam kopi keluar kopi.
Sobat muda, di era komunikasi yang serba canggih ini manusia hidup tanpa batas. Antara manusia satu dengan yang lain bisa saling mengetahui perasaan atau keadaan masing-masing. Dari mana kita bisa tau keadaan orang lain? Yang jelas bukan dari jin hehehe tetapi dari internet. Sosial networking seperti Facebook dan Twitter seolah menjadi hal yang wajib bagi Sobat muda di zaman sekarang.
Sobat muda katanya dari Facebook ataupun Twitter itu bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Akan tetapi menurut saya pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena bagaimanapun dunia maya adalah dunia kasat mata segala sesuatunya mudah dimanipulasi. Bagi saya Facebook dan Twitter adalah media besosialisasi dan saya berusaha menjadikan media ini agar media yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan menuliskan kata-kata mutiara, kata-kata bijak, kata-kata nasihat dan kata-kata motivasi penuh semangat. Berikut ini beberapa adalah Kata-kata Bijak dalam Facebook yang merupakan kata hatiku hehehe...

“ Kebahagiaan terbesar dalam hidup ini adalah ketika kita mengenal siapa diri kita. ” (29/09/2009)

“ Ilmu itu dicari untuk diamalkan bukan untuk mencari uang, ketenaran, dan mari kita meniru ilmu padi, makin berisi makin menunduk. " (10/10/2009)

“ Sungguh beruntung manusia yang dari waktu ke waktu semakin baik. Yaitu yang tiap waktunya digunakan untuk hal yang bermanfaat. Salah satu kebaikan seorang muslim adalah meninggalkan perkara yang sia-sia. Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan berbuatlah pantang sia-sia.” (12/10/2009)

Yakinlah bahwa kita semua pasti akan berpisah, dengan orang tua, adik-kakak, saudara, teman dan dengan orang yang kita cintai. Suatu saat PASTI, kita yang meninggalkan mereka atau mereka yang meninggalkan kita. Jadi bersiaplah untuk hari itu. (19/10/2009)

"Masalah sebenarnya bukan suatu masalah, yang jadi masalah adalah sikap kita terhadap masalah, setiap manusia pasti punya masalah dan semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Dan Allah tidak mungkin akan memberikan masalah melebihi batas kemampuan hambanya. So don't never give up" begitu kata orang (27/10/2009)

Perumpamaan orang yang mencari kehidupan akhirat adalah seperti menanam padi dan para penghamba dunia adalah menanam rumput. "Barang siapa menanam padi niscayana rumputnya ikut tumbuh tetapi berangsiapa menanam rumput jangan pernah berharap akan tumbuh padi" (11/11/2009)

"Mencintai, dicintai, fitrah manusia. Semua insan di dunia pasti merasakanya. Indah ceria kadang merana itulah cinta. Berlindunglahlah pada Allah dari cinta palsu. Melalaikan manusia, hingga berpaling darinya.....menipu daya dan melenakan. Utamakn cinta kepada Nya terjagalah hati kita. Cinta pada Allah itu cinta yang sejati" syair:The Fikir (24/11/2009)

Hidup. Apakah hanya sebatas makan, minum, sekolah, bekerja dan menunggu ajal datang? Sungguh Hidup tidaklah sebatas itu kawan. Hidup merupakan tempat kita mengumpulkan amal untuk menghadapi masa depan. Masa depan yang pasti menghampiri semua orang yaitu kematian (30/10/2009)

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi terdapat tanda-tanda kebesaran Alloh bagi orang yang berfikir. Yang apabila berdiri, duduk dan berbaring selalu mengingat Allah seraya berkata Ya Rabb tidaklah kau ciptakan ini dengan sia-sia" (Q.S. Ali Irmran:190-191) (1/12/2009)

Sesuatu yang Indah itu di mulai dari perjuangan yang tak kenal lelah memecahkan butiran-butiran masalah yang datang silih berganti. Tidak ada makan siang yang gratis kata orang bijak semuanya butuh pengorbanan, butuh perjuangan. Selama niat yang lurus (Ikhlas) tidak ada kerugian, tetapi itu pun membutuhkan perjuangan (3/1/2010)

Sesungguhnya hidup terlalu indah untuk diisi dengan kesedihan, penyesalan, dan segala sesuatu yang tidak mengenakan. Nikmati alurnya dengan sepenuh jiwa. (13/1/2010)

'Sebongkah besi yg ditempa menjadi sebuah pedang jauh lebih berharga dan bermanfaat dibanding sebongkah besi yg dibiarkan apa adanya, itulah mungkin salah satu hikmah dibalik tempaan masalah, musibah ataupun cobaan dalam kehidupan' (20/1/2010)

Bersyukur di saat keadan baik itu biasa, jikalau bersyukur di saat susah, itu baru luar biasa. Barangsiapa bersyukur niscaya ALLAH akan menambah nikmat kita. ( 17/5/2010)

Segala masalah apabila diserahkan kepada Yang Maha menguasai masalah, yakin beres itu masalah. Insyallah (10/6/2010)

Sebuah pepatah bijak mengatakan '' Orang lemah yang optimis lebih baik dari pada orang mampu namun pesimis. Optimis dapat mengubah kelemahan menjadi sebuah kekuatan'' (21/7/2010)

Jadikan masa lalu sebagai evaluasi masa sekarang untuk kemajuan di masa depan. Karena kita yang sekarang adalah hasil pikiran masa lalu dan masa depan adalah hasil pikiran masa sekarang (24/8/2010)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui Q.S. Al-Baqarah : 216 (3/9/2010)

Tiap hari adalah harapan. Harapan untuk kehidupan yang lebih baik, harapan untuk memperbaiki diri dan harapan untuk menyongsong kehidupan yang abadi. Puncak dari harapan adalah bertemu dengan Sang Khalik dengan 'Wajah tersenyum' (28/10/2010)

Kata Kata Mutiara Cinta, Nafsu mengatakan perempuan itu cantik atas dasar rupanya. Akal mengatakan perempuan itu cantik atas dasar ilmu dan kepintarannya. Dan hati mengatakan perempuan itu cantik atas dasar akhlaknya. (10/12/2010)

Emas dijalan tetap emas, di bak sampah tetap emas bahkan dicomberanpun tetaplah emas. Emas tidak perlu memberitahu bahwa dirinya beharga, lingkungan tahu seberapa harganya. Semoga kita menjadi pribadi seperti Emas. (25/07/2011)

Kebahagiaan, kesedihan dan segala sesuatunya, semua pasti ada akhirnya kecuali Tuhan. Maka beruang untuk mendapatkan ridho-Nya adalah harga mati. (24/10/2011)

Dunia tidak akan berhenti berputar walaupun kita kecewa, gagal, putus asa, ataupun larut dalam kesedihan. Maka ketika kita dalam situasi itu, segeralah bangkit dan tegakkan badan untuk terus berjuang menghadapi kehidupan. Sekali lagi karena roda kehidupan akan terus berjalan. Don't never give up! Wahai jiwa bersemangatlah! (22/11/2011)

Tidaklah sama orang yang mengetahui dengan yang tidak mengetahui, jadikanlah Kami termasuk orang yang mengatahui, Ya 'Alim. (26/11/2011)

Semua pasti ada akhirnya, maka belajarlah menyikapi segala sesuatu dengan biasa-biasa saja (tidak berlebih-lebihan) (27/11/2011)

Tiada kata Gagal Sebelum datang Ajal (27/11/2011)

Bandingkan dan bersainglah dengan diri sendiri yang kemarin. (30/11/2011)

Belajar menumbuhkan rasa iri kepada orang kaya yang mendermakan hartanya untk Allah dan orang berilmu yg mengamalkan serta menyebarkan ilmuya (18/12/2011)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS : 2 : 216). Belajar Berprasangka baik kepada Allah. (25/12/2011)

Yang terpenting dari tahun baru bukan pergantian tahunnya tapi pergantian diri menjadi lebih baik dari sebelumya ( 31/12/2011)

Selama nafas masih dikerongkonga, tanda masih ada kesempatan untuk berubah dan memperbaiki diri. Semangat! (29/1/2012)

Nutrisi Hati :
Hendaklah kamu bertaqwa kepada Allah. Jika seseorang membongkar keburukan yang diketahuinya pada dirimu, janganlah kamu membongkar keburukan yang kamu ketahui pada dirinya (HR. Ahmad dan Tirmidzi). (29/4/2012)

"Meralat apa yang tercetus dari lisan yang diam, lebih mudah dari memperbaiki kerugian akibat kata-kata yang telah keluar" (2/5/2012)

Sungguh perasaan putus asa tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Masalah akan segera terurai manakala kita kembalikan pada Allah kemudian berani menghadapinya dan bertindaklah segera. Semangat! ( 7/5/2012)

Orang berfikiran besar berfikir mungkin bahkan untuk hal-hal yang dianggap tidak mungkin. Sedang orang berfikiran kerdil berfikir tidak mungkin bahkan untuk hal-hal yang mungkin. Jangan membatasi diri, karena akan selalu ada Zat Yang Maha Memungkinan. Semangat! ( 27/5/2012)

Ketika kita mendapatkan musibah kita terkadang terlalu egois dan meyalahkan Tuhan. Seolah-olah nikmat dari-Nya semuanya tidak pernah ada. Padahal jikalau jujur kenikmatan dalam hidup kita jauh lebih banyak dari penderitaan kita. Berterimaksihlah pada Tuhan sebelum kita mengeluh. (1/6/2012)

Kedewasaan itu tidak memandang umur tapi melihat pemikiran dan sikap. (28/6/2012)

"Bersyukurlah dengan mulai menghargai diri sendiri. Kalau bukan kita siapa lagi?"(27/6/2012)

Benar kita merasa BAHAGIA saat menerima kebaikan dari orang lain, tapi seharusnya kita lebih merasa bahagia saat MEMBERI kebaikan untuk orang lain. (7/8/2012)

Jangan menyepelekan hal yang sederhana (22/08/2012)

Perkataan yang menyakitkan lebih tajam dari pisau yang tajam.
“Barangsiapa yang menjamin untukku bisa menjaga apa yang ada di antara dua janggutnya (janggut dan kumis) dan apa yang ada di antara kedua kakinya, maka aku menjamin surga untuknya.” (HR. Al-Bukhari no. 6474) (21/9/2012)

Perbuatan yang baik pasti menghasilkan yang baik, perbutan yang buruk pasti juga menghasilkan yang buruk. (28/9/2012)

Mencoba hal yang baru sungguh menyenangkan. Cobalah untuk selalu melakukan hal baru. (11/11/2012)

Seringkali kita mendefinisikan kebahagian dengan sesuatu yang luar biasa.
Bahagia jika memiliki harta banyak.
Bahagia jika terkenal.
Bahagia jika memiliki jabatan dan lain-lain serta sesuatu yang Wow he,
Maka mari kita persempit definisi kebahagiaan dengan.
Bahagia jika masih bisa makan.
Bahagia jika bisa menghirup udara pagi.
Bahagia jika masih di beri kesehatan.
Bahagia jika masih memiliki kesempatan melihat matahari.
Bahagia jika bisa beribadah dengan tenang.
Bahagia jika masih ada iman.
Serta hal-hal sederhana lainnya..
Semoga hari ini kita termasuk yang berbahagia.(17/11/2012)

Jikalau sekarang usaha kita belum berbuah hasil. Yakinlah bahwa suatu saat usaha kita akan berbuah hasil. Tidak ada usaha yang sia-sia, selama niat dan cara kita benar. Sesungguhnya Allah tidak tidur. (17/12/2013)

Ketika kita melakukan kesalahan, cobalah untuk memaafkan. Ketika kita mendapatkan keberhasilan, cobalah untuk merayakan. Jangan terlalu keras kepada diri kita, jadilah yang pertama menghargai diri sendiri. (20/12/2012)

Air yang diam tidak akan pernah sampai kemanapun, tetapi air yang bergerak dapat mencapai kemanapun akan mengalir. Tentukan aliranya dan bergeraklah. (29/12/2012)

Segala sesuatu di dunia ini adalah titipan, hanya sementara. Suatu saat pasti ada perpisahan. Kita yang meninggalkan atau kita yang ditinggalkan. Sesungguhnya hanya kepada Allah kita semua akan kembali. (26/1/2013)

Tidaklah suatu kebaikan akan menghasilkan keburukan dan tidak pula suatu keburukan akan menghasilkn kebaikan. Sungguh tidak ada yang tertukar. Semoga Allah merigankn kita untuk berbuat baik dan memberatkan kita untuk berbuat buruk. (7/2/2013)

Seburuk apapun masa lalu dan selama apapun kita menyesalinya, ketahuilah bahwa bumi terus berputar dan waktu terus berlalu.

Selama jantung masih berdetak, nafas masih berhembus sungguh tanda masih ada asa.

Semua belum berakhir, masih ada hari ini dan masa depan yang menanti, masih ada kesempatan memperbaiki diri. (16/2/2013)

Sesuatu yang baik pada kita belum tentu baik bagi yang lain dan sesuatu yang buruk pada kita belum tentu buruk pada yang lain.
Bersikap wajar tidak berlebih-lebihan dalam menyikapi keadaan. (2/5/2013)

Sukses itu ketika dibangun oleh dua pondasi :
1. Dekat dengan Allah
2. Bermanfaat untuk orang lain (15/7/2013)

Kewajiban kita adalah berusaha
Perkara hasil itu urusan Allah
Selama niat dan cara kita benar
Insyalloh tidak akan pernah sia-sia
"Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan mereka sendiri"(QS. Ar-rad:11)
Semangat berusaha ! (23/5/2013)

Segala sesuatu memang membutuhkan pengorbanan, pengorbanan terindah adalah pengorbanan untuk Alloh Tuhan semesta alam. Di sana ada kebahagiaan yg tak tergambarkan. Percayalah untuk-Nya tidak akan pernah ada pengorbanan yang sia-sia. ( 27/5/2013)

Ketika Jiwa merasa letih..
Ketika masalah semakin pelik..
Ketika pandangan mata gelap..
Ketika sudah tidak ada lagi jalan..
Ketika semua pintu tertutup..
Ketika tidak ada lagi tempat bersandar..
Ketika sudah tidak ada lagi harapan..
Ketika yang ada hanya keputusasaaan..
Ketika itu ketahuilah..
Hanya kepada Allahlah kita berasal dan..
Hanya kepadaNya kita akan dikembalikan.. (30/5/2013)

Tidak perlu risau, percaya dan yakinkan dalam hati, pikiran dan tindakan bahwa selama kita berada di jalur yg benar Allah memberikan yg terbaik bagi kita. Sesungguhnya Allahlah sebaik-baik perencana dan sebaik-baik pemberi keputusan. (2/7/2013)

Memandang kebaikan dari setiap kejadian, memandang keburukan yang lebih dari setiap keadaan dan bersyukur hingga tidak ada hal yang perlu disyukuri selain kehidupan.
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. 14:7"

Dalam hidup yakin, banyak hal yang perlu kita syukuri dari pada yang kita ingkari. (13/7/2013)

Setinggi apapun cita-cita jikalau masih dalam perkara duniawi itu masih rendah. Cita-cita tertinggi adalah cita-cita dalam perkara akhirat. Dunia untuk akhirat. (22/7/2013)

Tidak peduli seterjal apapun jalan yang penting kita bisa lewati
Tidak peduli sedalam apapun lautan yang penting kita bisa selami
Tidak peduli setinggi apapun gunung yaang penting kita bisa daki
Tetap semangat dalam keadaan seburuk apapun karena Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya" (23/8/2013)

Pasti akan ada saat saat sulit dalam kehidupan, tetaplah berfikir positif ini adalah bagian pelatihan kehidupan, yang kelak jika kita ada suatu kewajiban yang sulit kita bisa bertahan dan bisa menjadi seorang pemenang. (15/8/2013)

Demikian Sobat muda beberapa kata-kata mutiara dari kronologi Facebook pribadi saya. Mudah-mudahan bisa menginspirasi. Sekarang tinggal sobat muda sekalian bagaimana cara memberi arti kata-kata Facebook Sobat muda sendiri. (ippm-baiturrohim.blogspot.com)

4 comments:

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar