Header Ads

test

Cara Mencegah Jerawat

Bagi sobat muda mungkin jerawat adalah salah satu musuh paling di hindari kamus kehidupan. Jerawat itu seperti penggangu bagi wajah. Tidak jarang jerawat bisa membuat sobat muda menjadi kurang percaya diri. Jerawat timbul karena adanya pori-pori wajah yang tersumbat oleh kotoran. Wajah dengan tekstur kulit mudah berkeringat pastinya lebih beresiko untuk berjerawat pada wajahnya. Wajah berminyak juga menjadi penunjang wajah untuk berjerawat.

Sudah banyak produk kecantikan atau perawatan yang dibuat untuk mengatasi jerawat ini. Terkadang ada yang berhasil, namun tidak jarang pula yang malah justru membuat jerawat semakin parah. Maka cara yang terbaik untuk mengobati jerawat adalah dengan mencegah timbulnya jerawat yaitu dengan menjaga wajah agar senantiasa bersih.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah jerawat :
1. Rajin Mencuci Muka
Cara pertama untuk mencegah jerawat adalah dengan rajin mencuci muka. Jika kita jarang membersihkan kotoran atau debu-debu yang menempel di wajah kita, jangan harap kita bisa memiliki wajah yang bersih dan cerah seperti yang diinginkan. Kita bisa menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, bersihkan dengan sabun cuci muka, lalu bersihkan lagi dengan air hangat. Setelah itu, gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit wajah kita agar tidak mudah kemasukan kotoran lagi. Oh ya sobat, cuci muka yang paling baik adalah dengan berwudhu. Bukankah dengan shalat lima waktu minimal kita membersihkan wajah kita sebanyak lima kali. Jadi berwudhu bisa membersihkan jiwa maupun raga.

2. Memilih Sabun Muka yang Tepat
Memilih obat perawatan muka yang tepat adalah cara mencegah jerawat yang selanjutnya. Tidak semua produk bisa cocok dengan kulit wajah kita. Bahkan jika kita tidak berhati-hati, bisa jadi wajah kita bukannya semakin bersih malah semakin kotor dan berjerawat. Maka usahakan mencari sabun muka yang tepat dengan kebutuhan wajah kita. Jika wajah kita termasuk kulit yang kering, gunakan sabun muka yang mengandung pelembab yang bisa melembabkan kulit sehingga bisa menjadi solusi bagi kulit kering kita.

3. Hindari Makanan Pedas dan Berminyak
Makanan pedas dan berminyak memang makanan favorit sebagian masyarakat Indonesia. Maka tidak mengherankan jika gorengan dan sambal adalah menu yang sukar di hindari dari masakan Indonesia. Akan tetapi yang namanya berlebihan memang kurang baik, termasuk dalam mengkonsumsi makanan tadi.Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, akan membuat minyak dan lemak menumpuk di tubuh kita. Selain akan membuat tubuh kita gemuk, minyak dan lemak tersebut juga akan tertimbun di wajah. Hal ini menyebabkan wajah akan memproduksi minyak lebih banyak sehingga memperbanyak kemungkinan tumbuhnya jerawat.

4. Gunakan Krim Perawatan Wajah
Selain sabun muka, krim perawatan juga diperlukan untuk tetap melindungi wajah kita dari timbulya jerawat. Ada krim yang bisa digunakan melindungi dan untuk menjaga kelembaban wajah kita dalam berbagai aktifitas. Penggunaan krim wajah yang teratur akan sangat membantu mencegah timbulnya jerawat. Akan tetapi seperti halnya sabun, dalam pemilihan krim juga perlu memperhatikan jenis kulit kita.

5. Gunakan Masker
Ketika siang hati udara luar terasa panas. Tidak hanya panas udara luar juga mengandung banyak debu dan kotoran. Jika kotoran ini menempel di kulit wajah kita maka hal itu bisa menimbulkan jerawat. Maka dari itu penggunaan penutup wajah seperti masker sangat diperlukan untuk menghindari kontak langsung wajah kita dengan debu dan kotoran.

Demikian sobat beberapa cara untuk mencegah timbulnya jerawat. Oh ya jangan lupa baca tips yang lain dari blog ini ya. Semoga bermanfaat.(ippm-baiturrohim.blogspot.com)

Sumber : http://id.berita.yahoo.com

No comments

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar