Header Ads

test

3 Penyebab Minder

Percaya diri merupakan hal yang sangat menentukan kesuksesan kita. Seperti dua sisi mata uang tidak terpisahkan. Sebenarnya apa sih percaya diri? Definisi percaya diri menurut literatur bahasa berarti mempercayai diri secara total. Secara ilmiah adalah meyakini adanya rasa dalam dirinya, lalu bertindak sesuai dengan kapasitasnya.

Permasalahan yang muncul adalah jika kita termasuk golongan orang yang tidak percaya diri. Ini tentu akan menghambat kesuksesan kita. Di artikel Cara Meningkatkan Percaya Diri saya sudah membeberkan bagaimana cara sederhana untuk meningkatkan percaya diri. Kali ini saya akan membahas tema 3 penyebab minder.

Langsung saja ya....Percaya diri itu terbentuk oleh konsep diri. Apa itu konsep diri? Konsep diri didefinisikan secara umum sebagai keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang, perasaan dan pemikiran individu terhadap dirinya yang meliputi kemampuan, karakter, maupun sikap yang dimiliki individu. Bahasa mudahnya konsep diri adalah keyakinan kita tentang diri kita sendiri. Konsep diri ini dibentuk oleh tiga hal :

1. Self Ideal ( Diri Ideal)
Diri yang ideal merupakan gabungan dari semua kualitas serta ciri kepribadian orang yang sangat Anda kagumi meliputi bentuk fisik, sikap, perilaku, kualitas kehidupan, intelektualitas, profesi dll. Diri yang ideal merupakan gambaran dari sosok yang sangat kita inginkan jika kita bisa menjadi seperti orang itu. Figur-figur itu seperti ulama, pahlawan, tokoh-tokoh besar lain.

2. Self Image ( Citra Diri )
Citra diri adalah bagaimana cara kita melihat diri kita sendiri dan berpikir mengenai diri kita pada waktu sekarang ini. Citra diri ini sering juga disebut “cermin diri”. Ketika bercermin lihatlah sosok diri dalam cermin tersebut baik secara luar maupun dalam. Apa yang fikirkan ketika melihat sosok itu adalah citra diri.

Biasanya kita akan bertindak sesuai dengan gambaran dalam cermin diri. Jika kita berfikir jelek, gemuk, kurang tinggi, tidak pinter, pemalu dan sebagainya, biasanya kita akan bersikap tidak percaya diri atau minder. Padahal seringkali perasaan itu hanya sekedar perasaan kita saja. Orang lain tidak pernah mempermasalahkan hal itu, bahkan memikirkannya saja tidak.

3. Self Esteem ( Harga Diri)
Harga diri adalah perbandingan antara cinta diri dengan diri ideal. Harga diri merupakan komponen yang bersifat emosional danyang paling penting dalam menentukan sikap dan kepribadian kita. Harga diri merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan hidup.

Harga diri juga didefinisikan sebagai seberapa suka kita terhadap diri kita sendiri. Semakin kita menyukai diri sendiri, bisa menerima diri, menghargai dan hormat pada diri kita. Semakin tinggi harga diri kita akan semakin percaya diri. Harga diri juga akan mempengaruhi semangat, antusiasme, dan motivasi diri. Orang yang memiliki harga diri yang tinggi memiliki kekuatan pribadi kuat dan akan bisa berhasil melakukan apa saja dalam hidupnya.

Dari uraian di atas kita bisa mengetahui penyebab minder karena konsep diri yang negatif. Konsep diri negatif terbentuk dari input yang kita dapatkan, orang disekitar kita, lingkungan dan pengalaman masa silam. Semua itu akan membentuk kaki-kaki yang akan membangun kursi konsep diri.(ippm-baiturrohim.blogspot.com)

No comments

Trimakasih Sudah Berkenan Berkomentar